ESSAY

Writer / NIM
LISYA ISMAIL / 151413147
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Advisor 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstract
ABSTRAK Lisya Ismail, 2017. Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Pendekatan CTL-Questioning Di Kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan CTL- questioning dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi di kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo ?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui pendekatan CTL-questioning di kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data tes dan dokumentasi. Observasi awal dari 20 siswa terdapat 4 siswa atau 20% yang terampil menulis puisi, setelah dilaksanakan siklus I menjadi 8 siswa atau 40%, kemudian dilanjutkan dengan siklus II pada menulis puisi menjadi 18 siswa atau sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan CTL-questioning keterampilan menulis puisi di kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci : Menulis Puisi, CTL-Questioning. ABSTRACT Lisya Ismail, 2017. Improving Poem Writing Skill through CTL-Questioning Approach at Grade V in SDN 3 Telaga, District of Gorontalo. Skripsi. Bachelor Study Program of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Pricipal supervisor is Dr. Yusuf Jafar, M.Pd and Co-supervisor is Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd. Problem statement of this reseach whether or not by appylying CTL-Questioning, student's poem writing skill at grade V in SDN 3 Telaga, District of Gorontalo can be improved. This reseach aims at improving poem writing akill through CTL-questioning Approach at grade V in in SDN 3 Telaga, District of Gorontalo. It applies classroom action reseach. Techniques of data collection are test and documentation. In initial observation, there are 4 students or 20% out of 20 students who have skill in writing poem. in cycle I, it improves to be 8 students or 40% who have skill in writing poem, and in cycle II it becomes 18 students or 90%. based on finding and discussion, it can be concluded thet by applying CTL-Questioning, student's poem writing akill at grade V in SDN 3 Telaga, District of Gorontalo can be improved. Keywords: Writing Poem, CTL_Questioning.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011