ESSAY

Writer / NIM
GUNAWAN / 151413149
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Advisor 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstract
ABSTRAK Gunawan M. Ali. 2017. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Cerpen Dengan Menggunakan Gambar Seri Di Kelas V SDN 05 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Hj. Rusmin Husain , S.Pd, M.Pd, Pembimbing II : Dra. Dajani Suleman, M.Hum Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu "Apakah dengan menggunakan media gambar seri, kemampuan siswa menulis cerpen di kelas V SDN 05 Tilamuta dapat meningkat?". Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis cerpen dengan menggunakan gambar seri di kelas V SDN 05 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Penelitian ini didesain sebagai penelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi. Berdasarkan observasi awal menunjukkan bahwa hanya 5 orang (20,0%) dari 25 siswa yang memiliki kemampuan menulis cerpen yang baik. Pada siklus I menunjukan presentase siswa yang memiliki kemampuan menulis cerpen mengalami peningkatan yaitu menjadi 8 orang (25,54%), pada siklus II Presentase hasil capaian mengalami peningkatan yaitu 21 orang (73,97%) siswa yang ada di Kelas V SDN 05 Tilamuta Kabupaten Boalemo yang memiliki kemampuan menulis cerpen dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis cerpen dapat ditingkatkan dengan menggunakan gambar seri. Kata Kunci: Cerpen, Gambar seri
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011