ESSAY

Writer / NIM
TANTRIPRATIWI DUNGGIO / 151413160
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Advisor 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstract
ABSTRAK Tantri Pratiwi Dunggio, 2018. Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Menulis Karangan Deskriptif Kelas IV SDN 8 Suwawa Kabupaten Bone Bolango, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd, dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan pendekatan saintifik dalam menulis karangan deskriptif pada siswa kelas IV SDN 8 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik dalam menulis karangan deskriptif pada siswa kelas IV SDN 8 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SDN 8 Suwawa Kabupaten Bone Bolango tentang menulis karangan peneliti menarik kesimpulan bahwa Masih banyak siswa di SDN 8 Suwawa khususnya kelas IV yang belum mampu menulis sebuah karangan dengan baik dan benar. Hal ini disebabkan karena masih ada siswa yang belum mengerti bagaimana membuat karangan dengan menggunakan aspek-aspek yang ditentukan. Dengan menggunakan pendekatan saintifik ini dapat mengembangkan siswa mampu menulis karangan. Karena siswa harus menemukan pengetahuan sendiri dalam menulis sebuah karangan sehingga siswa dapat mengolah kata menjadi kalimat sendiri. Pendekatan saintifik memiliki lima tahap dalam proses pembelajaran, meliputi tahap mengamati (observasi), menanya (questioning), menalar (associating), mencoba (experimentil), membuat jejaring (networking). Kata Kunci : Menulis Karangan Deskriptif, Pendekatan Saintifik
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011