ESSAY

Writer / NIM
WAHYUNI TULI / 151413163
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Advisor 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract
ABSTRAK Wahyuni, Tuli. 2017. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Permainan Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas V SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi program studi S-1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Univeritas Negeri Gorontalo 2017. Pembimbing I Basri Amin, S.Sos, M.A, Ph.D (ABD) dan Pembimbing II Hj. Nurhayati Tine, S.PdI. M.HI. Permasalahan dalam penelitian ini yakni: 1). Guru kurang tepat dalam penggunaan metode pembelajaran; 2). Kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn; dan 3). Guru dalam menyajikan pembelajaran lebih verbalistik. Tujuan Penelitian ini tidak lain untuk untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil peneilitian dapat disimpulkan beberapa hal dalam penelitian ini antara lain peningkatan minat belajar siswa yang menjadi fokus penelitian. Terlihat pada observasi awal bahwa dari 23 orang siswa, hanya 9 orang siswa (39%) saja yang memiliki minat untuk belajar PKn, sedangkan sisanya sebanyak 14 orang siswa (61%) . Maka peneliti dengan dibantu oleh guru mitra mengupayakan mengadakan tindakan siklus I. Setelah diadakan siklus I maka terjadi peningkatan, dari 9 orang siswa (39%) meningkat menjadi 11 orang siswa (48%), sedangkan sisanya berjumlah 12 orang siswa (52%) yang tidak memiliki minat untuk belajar PKn. Akan tetapi hasil rekapitulasi siklus I belum mencampai indikator keberhasilan tindakan yaitu sebesar 75%. Maka dari itu peneliti berupaya melakukan perbaikan dan melanjutkan ke siklus II. Setelah siklus II diadakan maka terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari 23 orang siswa sudah terdapat 19 orang siswa (83%) yang telah memiliki minat belajar, dan sisanya hanya 4 orang siswa (17%) saja yang tidak memiliki minat belajar. Hasil rekapitulasi data siklus II telah mencapai indikator kinerja, oleh karenanya pelaksanaan tindakan kelas tidak dilanjutkan atau dinyatakan tuntas. Kata-Kata Kunci: Minat Belajar, Metode Permainan Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011