ESSAY

Writer / NIM
DWI RIZKY SETIAWAN / 151413165
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Advisor 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstract
ABSTRAK Setiawan, Dwi Rizky, 2017. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 2 Suwawa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II, Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya "pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 2 Suwawa kabupaten Bone Bolango. Populasi penelitian ini adalah ini adalah siswa SDN 2 Suwawa dengan jumlah 139 orang. Jenis penelitian ini adalah Ex Post Facto. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Purpsosive Sampling, dengan jumlah 21 sampel . Hipotesis dalam penelitian ini di uji dengan menggunakan Uji t, sehingga dalam penelitian ini diperoleh harga t_hitung sebesar -5,72. Sedang dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t_0,95 (40) = 1,68. Ternyata harga t_hitung memperoleh harga lain, atau harga t_hitung telah berada di luar daerah penerimaan H_0, sehingga dapat di katakan H_0 ditolak dan menerima H_1.kesimpulanya lingkungan sekolah memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa, akan tetapi pengaruh tersebut adalah pengaruh negative karena hasil penelitian ini diperoleh harga t_hitung sebesar -5,72. Sehingga Dimana lingkungan belajar yang ada di sekolah tersebut belum dapat menjadi salah satu alternative dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan prasarana dan sarana yang ada di sekolah belumlah memadai. Sehingga dapat disimpulkan bahwa lingkungan sekolah di SDN 2 Suwawa belum memadai dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA. Kata kunci : Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar. ABSTRACT Setiawan, Dwi Rizky. 2017 . The influence of school environment on students' Learning Outcome in Science Subject at Grade V SDN 2 Suwawa. Undergraduate thesis. Departement of primary School teacher education. Faculty of education. Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisior: Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si. Co-Supervisior: Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd. This research is intended to find out the influence of school environment on Students' Learning Outcome in Science Subject at Grade V SDN 2 Suwawa, Bone Bolango regency. This Ex-post Facto research involved 139 students from purposive sampling technique with 21 sample. The hypothesis was tested by using t-test by which the result obtained was tcount equal to -5,72. However, from the list of t-distribution in significance level of 5%, t0,95 (40) = 1,68 is obtained. Truthfully, the value ot tcount is outside the acceptance of Ho, thus Ho is rejected and accepts H1. It is concluded that school environment has a negative influence towards studens' learning outcome because tcount is -5,72, and therefore the method is inappropriate to improve students' learning outcome. Hence, the existing learning environment is not an option for improving the students' learning outcome. This is resulted from the poor school's infrastructure and facilities that support the students improve their learning outcome, particularly in the science subject. Keywords : School Environment, Learning Outcome
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011