ESSAY

Writer / NIM
SINTIA DALANGGO / 151413168
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Advisor 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstract
ABSTRAK Sintia Dalanggo. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Eksplorasi Tidak Terbatas Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd dan pembimbing II Meylan Saleh S.Pd, M.Pd. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, rumusan masalahnya yakni "apakah model pembelajaran eksplorasi tidak terbatas dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN 11 Limboto? tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Pembelajaran Eksplorasi Tidak Terbatas Pada Mata Pelajaran IPA kelas IV di SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo dengan subjek penelitianya itu siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi serta analisis. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa siswa yang meningkat hasil belajarnya berjumlah 3 siswa hal tersebut belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan sehingga dilakukan tindakan lanjutan ke siklus II. Pada siklus II menunjukan adanya peningkatan hasil belajar, Siswa yang meningkat hasil belajarnya berjumlah 29 siswa. Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran eksplorasi tidak terbatas dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo. Kata kunci : Model Pembelajaran, Eksplorasi Tidak Terbatas, Pembelajaran IPA. ABSTRACT Sintia Dalanggo. 2017. Improving Students' Learning Outcome through Unlimited Exploratory Learning Model in Natural Science Subjet for grade 4 Primary Level Students at SDN 11 Limboto, Gorontalo Regeny. Undergraduate Thesis. Department of Primary Teacher Eduation, Faulty of Eduation, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd. Co-supervisor: Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. The problem statement of this classroom action research is "does the unlimited exploratory learning model enable to improve students' learning outcome in natural science subject for grade 4 primary level students at SDN 11 Limboto". It aims to improve the result of students' learning through the seleted model in the site area fousing on notural science. Furthermore, this present research involved the total of 30 grade 4 students at SDN 11 Limboto. This study was conducted in two cycles with four stages, such as preparatory, treatment, evaluation, and reflection as well as analysis in each cycle. The results in cycle II show that three students' learning outcomes are improved by which the researchis ableto proceed to the next cycle. Moreover, there is an increased result of students learning in cycle II with 29 students in total. In other words, this reveals that the students' outcome has met the indicator of the performance and, therefore, the unlimited exploratory model is effective to enhance the result of the students' learning in the natural science subject for grade 4 at SDN 11 Limboto, Gorontalo regency. Keywords: Learning Model, Unlimited Exploratory, Natural Science Learning.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011