ESSAY

Writer / NIM
NI PUTU MARYANTI / 151413169
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstract
ABSTRAK Ni Putu Maryanti. 2017. Pengaruh Penggunaan Media pembelajaran Visual "Pop-Up Book" Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SDN 02 Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Skripsi, Program Studi Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd.,M.Si dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd.,M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran visual "Pop-Up Book" terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 02 Dulupi kabupaten Boalemo. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran visual "Pop-Up Book" terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 02 Dulupi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pre experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 02 Dulupi. Diambil satu kelas sebagai sampel, yang penarikan sampelnya menggunakan teknik sampling jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan instrument non tes berupa koesioner/angket. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh media pembelajaran "Pop-Up Book" terhadap motivasi belajar siswa, dengan nilai rata-rata hasil motivasi belajar siswa di kelas perlakuan sebelum menggunakan media "Pop-Up Book" yaitu 64,852 dan setelah menggunakan media "Pop-Up Book" yaitu 81,611. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis diperoleh thitung = 9,769 dan ttabel = 1,70 atau thitung > ttabel, dengan kata lain thitung berada diluar daerah penerimaan hipotesis H0 (H0 ditolak) yang berarti menerima hipotesis alternatif (H1 diterima). Hal ini berarti terdapat pengaruh motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA setelah menggunakan media Pop-Up Book. Kata Kunci : Media pembelajaran, Pop-Up Book, Motivasi belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011