ESSAY

Writer / NIM
NURFITRI DWI KURNIATI / 151413173
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstract
ABSTRAK Nurfitri Dwi Kurniati. 151413173. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SDN 3 Limboto Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abd. Haris Panai, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 3 Limboto Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pretest posttest design. Dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Adapun jumlah sampel berjumlah 29 orang siswa. Data penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa didapatkan dari pemberian tes yang berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitasnya menggunakan point baserial dan reliabilitas menggunakan spearman brown. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sangat mempengaruhi pada proses pembelajaran serta hasil yang didapatkan. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media animasi (pretest) rata-rata 61,07 dan untuk hasil belajar dengan menggunakan media animasi (posttest) rata-rata 78,07. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t (independent Sample Test) nilai thitung 7,965, sedangkan ttabel 1,699 pada taraf signifikan 5%. Uji keberartian diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (7,965 > 1,699). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penggunaan media animasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 3 Limboto Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo Kata kunci : Media, Animasi, Hasil Belajar, IPA ABSTRACT Nurfitri Dwi Kurniati. 151413173. Influence of Animation Media Use towards students' Learning Achievement in Natural Science Lesson in Grade V of SDN 3 Limboto, Sub-district of Limboto, District of Gorontalo. Skripsi. Department of Elementry School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Prof. Dr. H. Abd. Haris Panai, M.Pd and Co-supervisor is Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. This Research aims to investigate the influenca of animation media use towards students' learning achievement in Natural Science lesson in grade V of SDN 3 Limboto, Sub-district of Limboto, District of Gorontalo. This is a quantitative research namely experimental with one group pretest posttest design. Samples of the research are 29 students determined by purposive sampling. The data of animation media use towards students' learning achievement are obtained from multiple choice test which has been tested its validity using point-baserial and reliability using spearman brown. Researc findings reveal that animation media use towards students' learning achievement in Natural Science quite strongly influences learning process and the obtained result. Average students' learning achievement before using animation media (pretest) is 61,07 while its posttest is 78,07. Result of hyphotesis test usingt tes (Independent Sample Test) obtains value of tcount for 7,965 while ttable is 1,699 in level of significance of 5%. Significance test reveals that tcount is higher than ttable (7,695 >1,699). Therefore, it can be concluded that animation media use influences students' learning achievement in Natural Science in grade V of SDN 3 Limboto. Sub-district of Limboto, District of Limboto. Keywords: Media, Learning Achievement, Natural Science
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011