ESSAY

Writer / NIM
SUKMAWATI A. ZAKARIA / 151413197
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Advisor 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract
ABSTRAK Sukmawati Zakaria. 2017. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Metode Pembelajaran Problem Solving di Kelas IV SDN 8 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo; Pembimbing I ; Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II ; Hj. Nurhayati Tine, S.PdI, M.HI. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn melalui metode pembelajaran problem solving di kelas IV SDN 8 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I yang paham pada pelajaran PKn sebanyak 9 siswa atau 60% dan yang belum paham sebanyak 6 siswa atau 40% hal ini belum sesuai dengan indikator yang ditetapkan yakni minimal 75% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 keatas sehingga dilanjutkan pada siklus ke II, pada siklus ke II yang paham pada pelajaran PKn sebanyak 13 siswa atau 81,25% dan yang belum paham tersisa 3 siswa atau 18,75% kemudian siswa yang belum paham tersebut akan diberikan bimbingan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan melalui metode pembelajaran problem solving pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN 8 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango meningkat. Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Mata Pelajaran PKn, Metode Pembelajaran Problem Solving. ABSTRACT Sukmawati Zakaria.2017. Improving Student's Comprehension in Civics Education Subject by Applying Problem Solving Method at Grade IV in SDN 8 Bulango Utara, District of Bone Bolango. Skripsi. Department Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo, Principal supervisor is Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd. And Co-supervisor is Hj. Nurhayati Tine, S.PdI, M.HI. This research aims at investigating students' comprehension in civics education subject by applying problem solving method at grade IV in SDN 8 Bulango Utara, District of Bone Bolango. It applies classroom action research. Finding revels that there are 9 students or 60% who have comprehended civics education subject and 6 students or 40% have not comprehended civics education subject. This has not fulfilled the determined indicator in which 75% of students should get score of 75 and above. Thus, it should be continued to the cycle II. In cycle II, 13 students or 81,25% have comprehended civics education subject, while only 3 students or 18,75% who have not yet. Which then they obtain guidance. Based on finding and discussion, it can be concluded that by applying problem solving learning method, 8 students' comprehension in civics education subject at grade IV in SDN 8 Bulango Utara, District of Bone Bolango can be improved. Keywords: Students' Comprehension, Civics Education Subject, Problem Solving Learning Method.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011