ESSAY

Writer / NIM
CIKAL ULOLI / 151413208
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Advisor 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstract
ABSTRAK Uloli, Cikal. 2017. Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Penggunaan Model Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Energi Bunyi Kelas IV SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Isnanto S.Pd, M,Ed Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan saintifik melalui penggunaan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi bunyi di kelas IV SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan saintifik melalui penggunaan model inkuiri pada materi energi bunyi di kelas IV SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa atau 60% dan yang belum tuntas sebanyak 12 siswa atau 40% hal ini belum sesuai dengan indikator yang ditetapkan yakni minimal 80% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 keatas sehingga dilanjutkan pada siklus ke II , pada siklus ke II yang tuntas sebanyak 26 siswa atau 87% dan yang belum tuntas sebanyak 4 siswa atau 13% kemudian siswa yang belum tuntas tersebut akan diberikan bimbingan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan melalui penerapan pendekatan saintifik melalui penggunaan model inkuiri materi energi bunyi hasil belajar siswa kelas IV SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar IPA, Model Inkuiri ABSTRACT Uloli, Cikal. 2017. Implementation of Scientific Approach through Inquiry Model in Improving Student` Laerning Achivement in Sound Energy Topic at Class IV of SDN 6 Limboto Barat, District of Gorontalo. Skripsi. Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Principal is Gamar Abdullah, S. Si, M.Pd, and Co-supervisor is Dr. Isnanto S.Pd, M, Ed. Problem statement of this research is whether or not implementation of scientific approach through inquiry model can improve student learning achievementin in sound energy topic at class IV of SDN 6 Limboto Barat, District of Gorontalo. This research aims to improve student` learning achievement through scientific approach with inquiry model in sound energy topic at class IV of SDN 6 Limboto Barat, District of Gorontalo. This is classroom action research. Subject of this research are 30 students at class IV of SDN 6 Limboto Barat, District of Gorontalo. Researt finding reveals that in cycle 1, student who are 18 or 60% and the remaining 12 students or 40% are not passed in which it is not met the determined indicator which is at least 80% of treated students obtain value of 75 above. Thus, it is continued to next cycle.In cycle II, it improves to be 26 students who are passed or 87% and the remainingin 4 students or 13% are passed. Afterward, the not-passed student will obtain certain guidance. Based on the findings, it can be coucluded that implementation of scientific approach through inquiry model in sound energi topic can improve students`leaerning ssssssachievement in class IV of SDN 6 Limboto Barat, District of Gorontalo. Keywords: Scientific Approach, Natural Science Learning Achievement, Inquiry Model
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011