ESSAY

Writer / NIM
FATMAWATY TOMOK / 151413227
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstract
ABSTRAK Fatmawaty Tomok. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menerapkan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Siswa Kelas V SDN 02 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asni Ilham, M.Si, dan Pembiming II Dra. Elmia Umar, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini "apakah dengan menerapkan model kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 02 Kabila Kabupaten Bone Bolango?". Dan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas V SDN 02 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subjek penelitiannya siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Masing-masing siklus terdiri beberapa tahapan yaitu; tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, serta tahap refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa siswa yang meningkat hasil belajarnya berjumlah 12 orang dengan presentase 60% dan yang belum meningkat 8 orang atau 40%. Hal tersebut belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan, sehingga dilakukan tindakan lanjutan ke siklus II. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, siswa yang meningkat hasil belajarnya berjumlah 17 orang dengan presentase 85% dan yang belum meningkat 3 orang atau 15%. Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 02 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Snowball Throwing
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011