Writer / NIM
ELPIRA MOKOAGOW / 151413246
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
ABSTRAK
Elpira Mokoagow. 2017. Penerapan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo". Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review), dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas IV SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca pemahaman melalui metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review).
Hasil observasi awal menunjukkan dari 30 jumlah siswa terdapat 12 siswa atau 40% yang mampu membaca pemahaman. Setelah dilaksanakan siklus I meningkat menjadi 17 siswa atau 56,7% , kemudian dilanjutkan dengan siklus II meningkat menjadi 25 siswa atau 83,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa melalui penerapan metode SQ3R kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata kunci: Kemampuan Membaca Pemahaman, Metode SQ3R.
Download files