ESSAY

Writer / NIM
MOHAMAD SANUSI KAMAH / 151413257
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstract
ABSTRAK Mohamad Sanusi Kamah. 151 413 257, 2014, Meningkatkan Kemampuan Menentukan Sifat-Sifat Bangun Ruang Sederhana Melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas IV SDN 4 Bulango Utara Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd dan pembimbing II Dra. Martianty Nalole, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana dapat ditingkatkan melalui pendekatan matematika realistik pada siswa kelas IV SDN 4 Bulango Utara Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana melalui pendekatan matematika realistik pada siswa kelas IV SDN 4 Bulango Utara Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus di kelas IV SDN 4 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Setiap siklus melalui empat tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan/observasi dan tahap refleksi. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana melalui pendekatan matematika realistik pada siswa kelas IV SDN 4 Bulango Utara Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango, pada siklus I adalah dari 20 siswa, hanya 11 siswa yang mampu menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana atau 55% siswa yang memperoleh nilai minimal 75 ke atas dan 9 siswa yang tidak mampu menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana atau 45% siswa memperoleh nilai di bawah 75. Hal ini belum sesuai dengan indikator kinerja yang ditetapkan sehingga dilanjutkan pada tahap siklus ke II. Pada siklus II adalah dari 20 siswa, diperoleh 18 siswa yang mampu menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana atau 90% siswa yang memperoleh nilai minimal 75 ke atas dan 2 siswa yang tidak mampu menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana atau 10% siswa memperoleh nilai di bawah 75. Hasil pada siklus II telah melebihi target sehingga tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa melalui Pendekatan Matematika Realistik kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana pada siswa kelas IV SDN 4 Bulango Utara Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango meningkat. Kata Kunci : Menentukan, Sifat-sifat, Bangun Ruang, Pendekatan Matematika Realistik.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011