ESSAY

Writer / NIM
SARIPA UI / 151413260
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstract
ABSTRAK Saripa Ui, 151413260, 2014. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Pemberian Tugas di Kelas 2 SDN 6 Telaga Biru Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd,M.Pd dan Pembimbing II Dr. Yusuf Jafar, M.Pd. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan metode pemberian tugas, kemampuan siswa dalam membaca permulaan dapat meningkat?. Adapun tujuan dari penelitian tindakan kelas ini yaitu meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan melalui metode pemberian tugas. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data penelitian, dilalukan melalui observasi pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam membaca permulaan melalui metode pemberian tugas dalam 2 siklus. Pada observasi awal siswa yang mampu membaca permulaan hanya 5 siswa atau 29,41%, sedangkan yang belum mampu membaca permulaan 12 orang siswa atau 70,59%. Untuk siklus I terdapat 7 siswa atau 41,18% yang mampu membaca permulaan, dan 10 siswa atau 58,82% belum mampu membaca permulaan, namun siklus II meningkat menjadi 14 siswa atau 82,35% yang mampu membaca permulaan dan hanya 3 siswa atau 17,65% belum mampu membaca permulaan. Dengan demikian maka dengan metode pemberian tugas, kemampuan siswa dalam membaca permulaan di kelas 2 SDN 6 Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci: Kemampuan membaca permulaan, Metode Pemberian tugas
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011