ESSAY

Writer / NIM
SRI DAHNIAR MANSUR / 151413266
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstract
ABSTRAK Sri Dahniar Mansur. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antara Keadaan Awan Dan Cuaca Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas III SDN 3 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Abd Haris PanaI, S.Pd, M.Pd Pembimbing II : Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hubungan antara keadaan awan dan cuaca di kelas III SDN 3 Limboto. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada materi hubungan antara keadaan awan dan cuaca dikelas III SDN 3 Limboto. Adapun Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 28 siswa kelas III SDN 3 Limboto. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I. Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan kriteria minimum pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan sekolah yakni 75 sebanyak 20 siswa dengan presentase 71%. Sedangkan pada siklus II, Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan sebanyak 28 siswa dengan presentase 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hubungan antara keadaan awan dan cuaca di kelas III SDN 3 Limboto Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Hubungan antara keadaan awan dan cuaca, Talking Stick.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011