ESSAY

Writer / NIM
NELVIN PAKAYA / 151413267
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstract
ABSTRAK Nelvin Pakaya. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kegunaan Matahari Sebagai Sumber Kehidupan Melalui Metode Demonstrasi di Kelas II SDN 20 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Abd. Haris PanaI, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah Metode Demonstrasi Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kegunaan Matahari Sebagai Sumber Kehidupan Kelas II SDN 20 Limboto Kabupaten Gorontalo?. Dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi pada materi kegunaan matahari sebagai sumber kehidupan di kelas II SDN 20 Limboto. Adapun Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 19 siswa kelas II SDN 20 Limboto. Hipotesis dalam penelitian ini adalah "Jika digunakan metode demonstrasi pada materi kegunaan matahari sebagai sumber kehidupan di kelas II SDN 20 Limboto Kabupaten Gorontalo maka hasil belajar siswa akan meningkat". Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I. Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan kriteria minimum pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan sekolah yakni 75 sebanyak 19 siswa dengan presentase 79%. Sedangkan pada siklus II, Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan sebanyak 19 siswa dengan presentase 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kegunaan matahari sebagai sumber kehidupan di kelas II SDN 20 Limboto Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011