ESSAY

Writer / NIM
NURAIDA / 151413271
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstract
ABSTRAK Nuraida. 2014, Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Nyaring Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together di Kelas III SDN 08 Popayato Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dr. Yusuf Jafar, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca nyaring di Kelas III SDN 08 Popayato Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato?" Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca nyaring melalui model pembelajaran Numbered Head Together di Kelas III SDN 08 Popayato Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, tes, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian tindakan kelas pada aobservasi awal diperoleh data dari jumlah siswa 22 orang yang dikenai tindakan hanya 8 siswa (36.36%). Pada pelaksanaan tindakan kelas siklus I siswa yang mampu berjumlah 14 orang (63.64%), sedangkan yang tidak mampu berjumlah 8 orang (36.36%). Setelah dilaksanakan tindakan kelas siklus II jumlah siswa yang mampu meningkat berjumlah 20 orang (90.91%) sedangkan yang tidak mampu berjumlah 2 orang (9.09%). Kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together tentang membaca nyaring di Kelas III SDN 08 Popayato Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato meningkat. Kata Kunci: Membaca Nyaring, Numbered Head Together.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011