ESSAY

Writer / NIM
ELYS USMAN / 151413273
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
ABSTRAK Elys Usman, 2014." Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Bangun Datar Simetris Melalui Metode Discovery Learning di Kelas IV SDN 14 Paguyaman Kabupaten Boalemo". Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Dr.Hj.Asni Ilham, S.Pd, M.Si Pembimbing II, Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "apakah kemampuan mengidentifikasi bangun datar simetris pada siswa kelas IV SDN 14 Paguyaman Kabupaten Boalemo melalui metode discovery learning dapat meningkat? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bangun datar simetris melalui metode Discovery Learning di kelas IV SDN 14 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 17 Orang siswa atau 70,8% dari 24 siswa yang mampu mengidentifikasi bangun datar simetris atau mendapat nilai 65 ke atas. Karena hasil pada siklus I yang belum mencapai indikator maka dilanjutkan pada siklus berikutnya. Pada siklus II hasil penelitian menunjukkan bahwa 21 siswa atau 87,5 % dari 24 siswa sudah mampu mengidentifikasi bangun datar simetris atau mendapat nilai 65 ke atas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa melalui metode discovery learning, kemampuan mengidentifikasi bangun datar simetris di kelas IV SDN 14 Paguyaman Kabupaten Boalemo meningkat. Kata Kunci :Kemampuan, Mengidentifikasi, bangun datar simetris, discovery learning
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011