Writer / NIM
						ELYS USMAN / 151413273
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
						Advisor 1 / NIDN
						DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
						Advisor 2 / NIDN
						ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
						Abstract
						ABSTRAK
Elys Usman, 2014." Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Bangun Datar Simetris Melalui Metode Discovery Learning di Kelas IV SDN 14 Paguyaman Kabupaten  Boalemo". Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Dr.Hj.Asni Ilham, S.Pd, M.Si  Pembimbing II, Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "apakah kemampuan mengidentifikasi bangun datar simetris pada siswa kelas IV SDN 14 Paguyaman Kabupaten Boalemo melalui metode discovery learning dapat meningkat? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bangun datar simetris melalui metode Discovery Learning di kelas IV SDN 14 Paguyaman Kabupaten  Boalemo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 17 Orang siswa atau 70,8% dari 24 siswa yang mampu mengidentifikasi bangun datar simetris atau mendapat nilai 65 ke atas. Karena hasil pada siklus I yang belum mencapai indikator maka dilanjutkan pada siklus berikutnya. Pada siklus II hasil penelitian menunjukkan bahwa 21 siswa atau 87,5 % dari 24 siswa sudah mampu mengidentifikasi bangun datar simetris atau mendapat nilai 65 ke atas.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa melalui metode discovery learning, kemampuan mengidentifikasi bangun datar simetris di kelas IV SDN 14 Paguyaman Kabupaten  Boalemo meningkat. 
Kata Kunci :Kemampuan, Mengidentifikasi, bangun datar simetris, discovery learning
						Download files