ESSAY

Writer / NIM
RIA SUSANTY IDRAK / 151413275
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Advisor 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstract
Ria Susanti Idrak. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Eksperimen Pada Materi Gaya Magnet Di Kelas V SD Negeri Bulangita Kabupaten Pohuwato. Skripsi. Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd     Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Bulangita Kabupaten Pohuwato pada pokok materi gaya magnet akan meningkat? tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya magnet melalui metode eksperimen di kelas V SD Negeri Bulangita kabupaten Pohuwato.     Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa gaya magnet di kelas V SD Negeri Bolangita kabupaten Pohuwato setelah diterapkan metode eksperimen. Hal ini didukung dengan hasil pengamatan kegiatan siklus II dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi gaya magnet dimana indikator yang ditetapkan yakni 75% siswa memperoleh nilai ≥ 75 sudah tercapai, yakni bahwa jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 orang siswa atau 81%, selanjutnya siswa yang belum tuntas sebanyak 5 orang siswa atau 19%. Dengan nilai rata-rata sebesar 84,03.     Hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas sampai mencapai dua siklus karena pada siklus I kegiatan pembelajaran melalui pendekatan belum mencapai indikator kinerja penelitian. Setelah diadakan refleksi, dimana proses pembelajaran telah diadakan pembaharuan pelaksanaan tindakan pada siklus II, maka hasil belajar siswa meningkat, sehingga penetapan hipotesis tindakan penelitian terbukti dan dapat diterima secara ilmiah. Kata kunci : Hasil Belajar, Metode Ekseperimen
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011