Writer / NIM
PERNI / 151413278
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Advisor 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstract
ABSTRAK
Perni. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Permulaan MelaluiMetode Latihan Di Kelas II SDN 09 Popayato. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan siswa menulis permulaan di kelas II meningkat melalui metode latihan? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis permulaan melalui metode latihan di kelas II SDN 09 Popayato Kabupaten Pohuwato . Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam
dua siklus yakni siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I meningkat sejumlah 17 orang siswa atau 83%, sedangkan pada siklus II lebih meningkat menjadi sejumlah 20 orang
siswa atau sebesar 87%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya
peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Permulaan Melalui Metode Latihan di
kelas II SDN 09 Popayato Kabupaten Pohuwato
Kata Kunci: Menulis Permulaan, Metode Latihan.
Download files