ESSAY

Writer / NIM
NURDIN MOHI / 151413281
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Advisor 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstract
ABSTRAK Nurdin Mohi. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Magnet Melalui Metode Inquiry Terbimbing dikelas V SDN 11 Randangan Kabupaten Pohuwato. Skripsisi, Program Studi S-1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman AR Laliyo, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah metode inquiry terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya magnet di kelas 5 SDN 11 Randangan Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian tindakan kelas(PTK).Latar penelitian berlokasi di SDN 11 Randangan Kabupaten Pohuwato dan subjeknya siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa, dengan 5 laki- laki dan 15 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis presentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa dari 20 siswa yang dikenai tindakan 12 siswa atau 60% memperoleh nilai dibawah dari 80 sehingga belum mencapai indikator dan dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II 18 siswa atau 90% yang memperoleh nilai 80 keatas, sehingga indikator telah tercapai dan tindakan pembelajaran diangap tuntas. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui metode inquiry terbimbing hasil belajar siswa dapat meningkat. Kata Kunci: Hasil Belajar, Gaya Magnet, Metode Inquiry Terbimbing.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011