ESSAY

Writer / NIM
SISKA Y. KATILI / 151413285
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstract
ABSTRAK Siska Y. Katili. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Lambang Bilangan Romawi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone Is A Teacher Here Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Sarson Pomalato, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Martianty Nalole, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan kemampuan menggunakan lambang bilangan romawi pada siswa kelas IV SDN 2 Batudaa Pantai?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menggunakan lambang bilangan romawi melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here pada siswa kelas IV SDN 2 Batudaa Pantai. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan penelitian, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kemampuan menggunakan lambang bilangan romawi melalui model pembelajaran kooperatif tipe everyone is a teacher here pada siswa kelas IV SDN 2 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo, pada siklus I adalah dari 17 siswa, hanya 4 siswa atau 23.6% yang memperoleh nilai minimal 75 ke atas dan 13 siswa atau 76.4% memperoleh nilai di bawah 75. Hal ini belum sesuai dengan indikator kinerja yang ditetapkan sehingga dilanjutkan pada siklus ke II. Pada siklus II dari 17 siswa, diperoleh 16 siswa mampu menggunakan lambang bilangan romawi melalui model pembelajaran kooperatif tipe everyone is a teacher here atau 95% siswa memperoleh nilai minimal 75 ke atas dan 1 siswa tidak mampu menggunakan lambang bilangan romawi melalui model pembelajaran kooperatif tipe everyone is a teacher here atau 5% siswa memperoleh nilai di bawah 75. Siswa yang memperoleh nilai di bawah 75 dilakukan pendekatan secara intensif serta dilakukan remedial sampai siswa tersebut mampu menggunakan angka dasar bilangan romawi. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here kemampuan menggunakan lambang bilagan romawi meningkat. Kata Kunci : Kemampuan, Everyone Is A Teacher Here, Lambang Bilangan Romawi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011