ESSAY

Writer / NIM
RIYENTI N. LAMANI / 151413288
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstract
ABSTRAK RIYENTI N. LAMANI. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menceritakan Isi Dongeng Melalui Kegiatan Menyimak Kelas II SDN 1 Ponelo Kecamatan Kepulauan Kabupaten Gorontalo Utara. Program Strata I (Satu) Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra, Hj Evi Hasyim,M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T Pulukadang ,S.Pd,M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Meningkatkan Kemampuan Siswa Menceritakan Isi Dongeng Melalui Kegiatan Menyimak Kelas II SDN I Ponelo Kecamatan Kepulauan Kabupaten Gorontalo Utara? Tujuan Dari Penelitian Ini adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menceritakan Isi Dongeng Melalui Kegiatan Menyimak Kelas II SDN I Ponelo Kecamatan Kepulauan Kabupaten Gorontalu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(PTK), yang terdiri dari 2 siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode inquiri. Penelitian tindakan yang telah dilakukan meliputi : 1)Perencanaan, 2). Tindakan, 3) Observasi dan 4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan berpengaruh pada hasil belajar siswa dan kemampuan siswa menceritakan isi dongeng melalui kegiatan menyimak. Keberhasilan siklus I dan II yaitu siklus I adalah 73% atau 22 siswa dari 33 siswa, dan siklus II 91 % atau 30 siswa dari 33 jumlah siswa sebelumya, dengan selisih 18 persen. Maka pembelajaran isi dongeng melalui kegiatan menyimak meningkat menjadi 4,78%, Kesimpulannya bahwa dengan Menggunakan Kegiatan Menyimak Dapat Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menceritakan Isi Dongeng Di Kelas II SDN I Ponelo Kecamatan Kepulauan Kabupaten Gorontalu Utara. Kata kunci: Kemampuan siswa , menyimak , isi dongeng
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011