Writer / NIM
						HADIJA SRI UTAMI KADIR / 151413289
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
						Advisor 1 / NIDN
						Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
						Advisor 2 / NIDN
						Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
						Abstract
						ABSTRAK
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Proses Pembentukan Tanah Melalui Model Numbered Head Together (NHT) Di Kelas V MI Al-Khairaat Tolango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara" Skripsi, Program Studi S1-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru SekolahDasar, FakultasIlmu Pendidikan, UniversitasNegeriGorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Abd. HarisPanaI, S.Pd, M.Pd, Pembimbing  II Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan  model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi proses pembentukan tanah di kelas V MI Al-Khairaat Tolango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi proses pembentukan tanah  di kelas V MI Al-Khairaat Tolango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara, melalui model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Penellitan ini menggunakan desain penelitian tinadakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus melalui empat tahapan tindakan yaitu tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan, tahapan pemantauan, dan tahapan evaluasi dan tahapan analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa dari observasi awal dengan capaian 66.33%. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 71.06% atau terjadi peningkatan 26.33%, namun pada pelaksanaan siklus I belum memenuhu indikator kinerja yang ditetapkan, maka dengan demikian dilanjutkan pada pelaksanaan tindakan siklus II dan hasilnya menunjukan peningkatan dari 71.06% menjadi 86.66% atau terjadi peningkatan 46.66% dari siklus I.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran Ilmu pengetahuan alam (IPA) khususnya materi tentang proses pembentukan tanah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Al-Khairaat Tolango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. 
Kata Kunci: Proses, Pembentukan, Tanah, Numbered Head Together (NHT).
						Download files