Writer / NIM
						JUFRIYANTO LUWIKO / 151413290
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
						Advisor 1 / NIDN
						Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
						Advisor 2 / NIDN
						DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
						Abstract
						Jufriyanto Luwiko, 2014. Meningkatkan Kreatifitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Bentuk-Bentuk Kerja Sama Dilingkungan Tetangga melalui metode demonstrasi Di Kelas II SDN 2 Bulango Ulu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd, Pembimbing II Muchtar Ahmad, S.Pd, M.Si.
Masalah dalam penelitian ini adalah:  Apakah melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan kreatifitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi bentuk-bentuk kerja sama dilingkungan tetangga Di Kelas II SDN 2 Bulango Ulu?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreatifitas belajar siswa pada mata pelajaran ips materi bentuk-bentuk kerja sama dilingkungan tetangga melalui metode demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan Di Kelas II SDN 2 Bulango Ulu. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tehnik observasi dan tehnik dokumentasi.
Dari hasil analisis baik nilai rata-rata maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Data analisis hasil belajar siswa pada evaluasi siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai  adalah 67.33. Dari 15 siswa yang terdapat Di Kelas II SDN 2 Bulango Ulu yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar sebanyak 7 siswa atau 46.67%, sedangkan siswa yang belum  tuntas sebanyak 8 siswa  atau 53.33%. Hasil analisis belajar siswa pada evaluasi akhir siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai oleh 15 siswa  kelas II adalah 80. Siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 13 siswa atau 86.67% sedangkan siswa yang belum tuntas dalam belajar sebanyak 2 siswa atau  13.33%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan kreatifitas belajar siswa Di Kelas II SDN 2 Bulango Ulu. 
Kata Kunci : Kreatifitas Belajar, Bentuk-Bentuk Kerja Sama,  Dilingkungan Tetangga,  Metode Demonstrasi.
						Download files