ESSAY

Writer / NIM
ESTEFINA POLUAN / 151413294
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Advisor 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstract
ABSTRAK Estefina Poluan, 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Kenampakan Permukaan Bumi Melalui Pendekatan Kontekstual Di Kelas III SDN 1 Bigo Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A.R. Laliyo, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi kenampakan permukaan bumi melalui pendekatan kontekstual di Kelas III SDN 1 Bigo Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara?. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tehnik observasi dan tehni kdokumentasi. Dari hasil analisis baik nilai rata-rata maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Data analisis hasil belajar siswa pada evaluasi siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai adalah 72. Dari 30 siswa yang terdapat Di Kelas III SDN 1 Bigo Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar sebanyak 18 siswa atau 60%, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 12 siswa atau 40%. Hasil analisis belajar siswa pada evaluasi akhir siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai oleh 30 siswa kelas III adalah 82.83. Siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 26 siswa atau 86.67% sedangkan siswa yang belum tuntas dalam belajar sebanyak 4 siswa atau 13.33%. Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa Di Kelas III SDN 1 Bigo Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Kata Kunci: Kenampakan, Pendekatan Kontekstual.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011