ESSAY

Writer / NIM
NANRIA RATUSMANGA / 151413298
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstract
ABSTRAK Nanria Ratusmanga. 2014 Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Dikelas VI SDN 1 Bohabak 2. Skripsi, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II : Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui model pembelajaran cooperative learning dapat meningkaatkan keterampilan siswa kelas VI SDN 1 Bohabak 2 dalam menyimak cerita?". Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita melalui model pembelajaran cooperatif learning pada siswa kelas VI SDN 1 Bohabak 2 dalam menyimak cerita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari kegiatan observasi awal hanya sebanyak 4 siswa (14 %) dari 27 siswa kelas VI SDN 1 Bohabak 2 yang mampu dalam menyimak cerita. Pada pelaksanaan kegiatan siklus I hal tersebut meningkatan menjadi 15 siswa (55 %). Pada siklus II hal tersebut mengalami peningkatan yang signifikan yakni menjadi 24 siswa yang mampu atau 88 %. Realitas ini menunjukan bahwa sebagian besar siswa di kelas VI SDN 1 Bohabak 2 telah memiliki keterampilan menyimak cerita yang baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan siswa kelas VI SDN 1 Bohabak 2 dalam menyimak cerita dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran cooperatif learning Kata Kunci : Menyimak Cerita, Model Pembelajaran Cooperatif Learning
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011