ESSAY

Writer / NIM
YOLIN AFRIYANI / 151413303
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Advisor 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstract
ABSTRAK Yolin Afriyani, 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN 1 Wakat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I : Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Muchtar Ahmad, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS pada siswa kelas V SDN 1 Wakat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah jika guru menggunakan model pembelajaran Group Investigation , maka akan meningkatkan aktivitas belajar IPS materi menghargai jasa tokoh yang berperan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN 1 Wakat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa dengan capaian pada siklus I sebesar 55 % dan siklus 2 terjadi peningkatan yang cukup signifikan yaitu sebesar 85 %, atau mengalami peningkatan sebesar 30 %. Kata Kunci : Model Pembelajaran Group Investigation dan Aktivitas Belajar IPS
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011