ESSAY

Writer / NIM
AFRILIA POLINTE / 151413304
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Advisor 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstract
ABSTRAK Afrilia Polinte, 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Example Non Example Dikelas IV SDN 1 Jambusarang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Sarson W,Dj Pomalato, M.Pd Pembimbing II Dr. Lukman A.R. Laliyo, S.Pd, M.Pd, MM. Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan kenampakan bumi? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan kenampakan bumi melalui model pembelajaran kooperatif Example Non Example Dikelas IV SDN 1 Jambusarang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan Dikelas IV SDN 1 Jambusarang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 18 orang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dilaksanakan satu kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan yang setiap siklus. Dari hasil refleksi pada setiap siklus baik nilai rata-rata maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Data hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan nilai yang dicapai Dari 32 siswa yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar sebanyak 22 siswa atau 68.75%, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 10 siswa atau 31.25%. Hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan bahwa Siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 28 siswa atau 87.5%, sedangkan yang belum tuntas dalam belajar sebanyak 4 siswa atau 12.5%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Perubahan Kenampakan Bumi, Pembelajaran Kooperatif Example Non Example.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011