ESSAY

Writer / NIM
PRATIWI WIRYANTHI RAZAK / 151413309
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Advisor 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstract
ABSTRAK Pratiwi Wiryanthi Razak, 2014. " Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sumber Daya Alam dan Hasilnya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas IV SDN II Dalapuli Kecamatan Pinogaluman". Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A.R Laliyo,M.Pd dan Pembimbig II Meylan Saleh, S.Pd M.Pd. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah Apakah Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sumber Daya Alam da Hasilnya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas IV SDN II Dalapuli Kecamatan Pinogaluman. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sumber Daya Alam dan Hasilnya Melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas IV SDN II Dalapuli Kecamatan Pinogaluman. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas ( PTK) yang dilakukan dengan subjek penelitian 24 orang siswa di SDN II Dalapuli Kecamatan Pinogaluman. Tehnik pengumpulan data yakni Observasi,tes,serta dokumentasi. Sesuai dengan hasil penelitian di Kelas IV SDN II Dalapuli, hasil secara keseluruhan diketahui bahwa terdapat 10 orang yang hasil belajarnya meningkat dan 14 orang siswa yang hasil belajarnya masih dibawah. Pada siklus I diketahui bahwa siswa yang memperoleh nilai ≥ 75% hanya berjumlah 11 orang. Dengan demikian masih terdapat 13 orang siswa yang memperoleh nilai 75% kebawah. Berdasarkan data hasil pengamatan pada siklus II, terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa. Jika pada siklus I siswa yang memiliki hasil belajar hanya 11 orang , maka siklus II naik menjadi 18 orang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam hal belajar IPA memenuhi kinerja. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran STAD
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011