ESSAY

Writer / NIM
MANSUR M. A. PANEO / 151413319
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstract
ABSTRAK Mansur A. Paneo. 2014. Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Sifat-sifat Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas V SDN 6 Suwawa Tengah Kabupaten Bone Bolango. Skripsi S-1 Jususan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Martianty Nalole, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games And Tournament (TGT) pada siswa kelas V SDN 6 Suwawa Tengah?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games And Tournament (TGT) pada siswa kelas V SDN 6 Suwawa Tengah Kota Gorontalo. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui 2 siklus, dengan tujuan mendeskripsikan gambaran kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games And Tournament (TGT) pada siswa kelas V SDN 6 Suwawa Tengah Kota Gorontalo. Hasil penelitian menunjukan pada siklus I, dari 20 siswa, diperoleh 9 siswa mampu mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar atau 45% siswa memperoleh nilai minimal 70 ke atas dan 11 siswa dinyatakan belum mampu mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar atau 55% siswa memperoleh nilai di bawah 70. Hal ini belum sesuai dengan indicator kinerja yang telah ditetapkan sehingga dilanjutkan pada siklus ke II. Pada siklus II, diperoleh 19 siswa mampu mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar atau 95% siswa memperoleh nilai 70 ke atas, dan 1 siswa dinyatakan belum mampu mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar atau 5% siswa memperoleh nilai di bawah 70. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar meningkat. Kata Kunci : Kemampuan, Teams Game Tournament (TGT), Sifat-sifat Bangun Datar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011