ESSAY

Writer / NIM
SILVONI I. PALOWA / 151413322
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstract
ABSTRAK Silvoni Palowa. 2014. "Penggunaan Model Pembelajaran Aktif Modeling The Way untuk Meningkatkan Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Tema Cita-Citaku di Kelas IV SDN NO.80 Kota Tengah Kota Gorontalo". Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dra. Hj Hakop Walangadi, M.Si (2) Muchtar Ahmad, S.Pd M.Si Permasalahan dalam penelitian ini Apakah penggunaan model pembelajaran aktif modeling the way dapat meningkatkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik belajar siswa tema cita-citaku. pada pelajaran IPS di kelas IV SDN No.80 Kota Tengah Kota Gorontalo? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan apek kognitif, afektif dan psikomotorik belajar siswa pada pelajaran IPS tema cita-citaku melalui model pembelajaran modeling the way di kelas IV SDN No.80 Kota Tengah. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus yang diawali dengan observasi awal. hasil observasi awal rata-rata siswa yang tuntas hanya sebesar 42% meningkat pada siklus I menjadi 45,45%, namun belum mencapai standar yang ditentukan. Pada siklus II terjadi peningkatan aspek kognitif, afektif dan psikomotor belajar yaitu sebesar 90,91% dengan daya serap seluruh siswa mencapai 91,21%. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan,ternyata dapat dicapai pada siklus 2. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran aktif modeling the way mampu meningkatkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor belajar siswa pada pada mata pelajaran IPS tema cita-citaku di SDN No.80 Kota Tengah.. Kata Kunci: Aspek Kognitif, afektif dan psikomotor belajar siswa dan Model Pembelajaran Modeling the way
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011