Writer / NIM
						SOFYA PILOMONU / 151413332
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
						Advisor 1 / NIDN
						Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
						Advisor 2 / NIDN
						WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
						Abstract
						ABSTRAK
Sofya Pilomonu. 2014. Meningkatkan  Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Metode Eja Pada Siswa Kelas I SDN 09 Marisa Kecamatan  Marisa Kabupaten Pohuwato.Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II  Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd,M.Pd.
	
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan metode eja dapat meningkatkan  kemampuan pada siswa  kelas I SDN 09 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato dalam menulis permulaan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis permulaan melalui  metode eja di kelas I SDN 09 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato dan untuk memperbaiki proses pembelajaran menulis.. 
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan  Kelas yang terdiri dari 2 siklus  observasi awal. Pada siklus I kemampuan siswa menulis permulaan meningkat menjadi 8 oarang atau persentase 40% dan yang tidak mampu sejumlah 12 orang atau 60 %. Selanjutnya pada tindakan siklus II kemampuan siswa menulis permulaan lebih meningkat menjadi 15 orang atau persentase 75% dan tidak mampu 5 orang atau 25%. 
Kesimpulannya bahwa penggunaan metode eja dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas I SDN 09 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato.
Kata kunci: Kemampuan Menulis Permulaan, Metode Eja.
						Download files