ESSAY

Writer / NIM
MOHAMAD RAHMAT PANIGORO / 151413333
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstract
ABSTRAK Moh. Rahmat Panigoro. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Eksposisi Melalui Pendekatan kontekstual Kelas IV SDN Inpres Patuhu Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Eksposisi Melalui Pendekatan kontekstual Kelas IV SDN Inpres Patuhu Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato kurang memuaskan karena tidak memenuhi kriteria ketuntasan telah ditetapkan yaitu 75%. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Eksposisi Kelas IV SDN Inpres Patuhu Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan Pada Siswa Kelas SDN Inpres Patuhu Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, proses Kemampuan Siswa Menulis Karangan Eksposisi Melalui Pendekatan kontekstual Kelas IV SDN Inpres Patuhu Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan yang diperoleh siswa sebelum menggunakan pendekatan kontekstual kemampuan hanya berjumlah 15 orang atau sebesar 75%, pada siklus I meningkat menjadi 5 orang atau sebesar 25% dan pada siklus II kemampuan meningkat lagi menjadi 19 orang atau ketuntasan sebesar 95%. Kata Kunci: Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi, pendekatan kontekstual.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011