ESSAY

Writer / NIM
MASNITA / 151413336
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Advisor 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstract
ABSTRAK Masnita. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Dan Menulis Permulaan Melalui Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas II SDN 2 Botubilotahu Kecamatan Marisa kabupaten Pohuwato. Skripsi. Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Djafar, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme kemampuan siswa membaca dan menulis permulaan pada pelajaran bahasa Indonesia di SDN II Botubilotahu Kecamatan Marisa kabupaten Pohuwato dapat meningkat? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan melalui pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada Siswa kelas II SDN 2 Botubilotahu Kecamatan Marisa kabupaten Pohuwato.Adapun metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang berjumlah 24 orang. Berdasarkan hasil observasi awal bahwa kemampuan membaca permulaan yang memperoleh nilai 46% ( 13 siswa ).Selamjutnya di laksanakan tindakan siklus I yang menunjukkan kemampuan membaca permulaan meningkat menjadi 16 orang siswa atau 67% sedangkan yang memperoleh nilai rendah sebaanyak siswa atau 33%.Siklus II menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan meningkat menjadi 20 orang siswa atau 83%,yang memperoleh nilai rendah sebanyak 4 orang atau 17%.Hasil pengamatan siklus II menunjukkan bahwa indikator pnlitian yang di tetapkan yakni 75% siswa memperoleh nilai tinggi sehingga penetapan hipotesis tindakan penelitian terbukti dan dapat di terima secara ilmiah.Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan di kelas II SDN 2 BOTUBILOTAHU Kec.Marisa Kab Pohuwato. Kata kunci : Membaca, Menulis dan Pendekatan Konstruktivisme
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011