ESSAY

Writer / NIM
NURLAILA S. LIHAWA / 151414004
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Advisor 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstract
ABSTRAK Lihawa, S Nurlaila. 2018. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 15 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 15 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Variabel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif, variabel bebasnya adalah model inkuiri terbimbing. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di SDN 15 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Teknik pengambilan sampel yakni menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 27 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t independen untuk menguji hipotesis yang didahului dengan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji reliabelitas. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji t independen pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung = 27.98 dan ttabel= 1.70 atau thitung > ttabel dengan kata lain thitung berada diluar daerah penerimaan hipotesis Ho (Ho ditolak) yang berarti menerima hipotesis alternatif (HI diterima). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA. Kata Kunci : Model, Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kreatif, Pembelajaran IPA ABSTRAK Lihawa, S Nurlaila. 2018 The Influence og Guided Inquiry Model towards Creative Thinking Skills Of Grade IV Students in Natural Science Subject, SDN 15 Telaga Biru Elementary School, Gorontalo Regency. Undergraduate Thesis, Departement of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Gamar Abdullah, S.Si., M.Pd. Co-supervisor: Irvin Novita Arifin, M.Pd. The objective of this experimental quantitative research is to find out the influence of guided inquiry model towards creative tinking of grade IV students in natural science subject, thing research was conducted in SDN 15 Telaga Biru Elementary School, Gorontalo Regency. It employet on group pretest and post-test control desain with two variabels, i.e., dependent variabel (creative thinking) and independent variable (guided inquiry model). This research involved all student in the research site. Furthermore, 27 students were selected as the sample by using purposive sampling. The data collection involved processes, e.g, observation interview, and documentation. Following the pre-requesite analysis test, consisting of normality and reliability test was the hipotesist test by using independent t-test. The result of independent t-test shows significant level of 5% based on the outcome that tcount = 27.98 and ttable = 1.70 (tcount > ttable), meaning that tcount is in the rejection area of H0 while H1 is accepted. All in all, guided inquiry model contributest to the creative thinking student in natural science subject. Keywords : Guided Inquiry Model, Creative Thinking, Natural Science Subject
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011