ESSAY

Writer / NIM
YULIANI TAIB / 151414005
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Advisor 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
ABSTRAK Taib, Yuliani 2018. Deskripsi Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Melalui Penerapan Model Inquiri Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas IV SDN 15 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd, Dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana deskripsi karakter rasa ingin tahu siswa melalui penerapan model inquiri dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 15 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter rasa ingin tahu siswa melalui penerapan model inquiri dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 15 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 15 Telaga Biru. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Indikator penelitian meliputi (1) kemampuan berpikir kritis, (2) kemampuan berpikir logis, (3) kemampuan berpikir kreatif, (4) keterampilan menyimak, (5) keterampilan membaca, (6) keterampilan menulis, (7) membuka pemikiran siswa terhadap hal-hal baru ataupun hal-hal dipelajari, (8) selalu banyak bertanya, (9) membaca beragam jenis bacaan untuk mengeskplor dunia siswa, (10) tidak menerima sesuatu pembelajaran sebagai sesuatu yang membosankan dan menarik, (11) terlihat dan memahami ketika dalam pembelajaran terasa menyenagkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa karakter rasa ingin tahu siswa melalui penerapan model inquiri dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 15 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo adalah 80,46% dengan kriteria baik. Kata Kunci : Karakter, Rasa Ingin Tahu, Model Inquiri, Pembelajaran IPA ABSTRACT Taib, Yuliani 2018. "Description of Students' Curiosity Character by Implementing Inquiry Model in Natural Sciences Subject Learning Activities in Grade IV Class of Elementary School SDN 15 Telaga Biru, Gorontalo Regency." Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd., Co-supervisor: Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. This study aims to elaborate students' curiosity character by implementing inquiry model in Natural Sciences subject learning activities in grade IV class of SDN 15 Telaga Biru elementary school, Gorontalo regency. It is formulated based on the problem statement. The descriptive research employed quantitative approach. The population involved all students of grade IV in the research site. The sampling technique involved saturated sampling, in which all the population was treated as the research sample. Moreover, the data were obtained by questionnaire, observation, and documentation. The research indicators encompassed: (1) critical thinking, (2) logical thinking, (3) creative thinking, (4) listening skills, (5) reading skills, (6) writing skills, (7) being open-minded of new knowledge, (8) curious to ask questions, (9) reading different types of passage to explore students' nature, (10) not perceiving that the learning process is a boring activity, and (11) students' engagement and comprehension during learning activity. Henceforth, the research suggests that the implementation of inquiry model contributes 80.46% to students' curiosity character. Keywords: Character, Curiosity, Inquiry model, Natural Sciences subject learning activity
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011