ESSAY

Writer / NIM
WINDIA TAMU / 151414007
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstract
ABSTRAK Windia Tamu, 2018. Penerapan Metode Eja Dalam Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SDN 02 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "bagaimana penerapan metode eja dalam membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 02 Paguyaman Kabupaten Boalemo, tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode eja dalam membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 02 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode eja dalam membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 02 Paguyaman Kabupaten Boalemo sudah maksimal. Hal ini ditinjau dari langkah-langkah penerapan metode eja, aktivitas siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar dalam pembelajaran membaca permulaan, dari 25 siswa yang mampu 22 siswa atau 88% sedangkan sisanya 3 siswa atau 12% kurang mampu dalam membaca permulaan dengan metode eja. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa yang dicapai oleh siswa dapat dikategorikan bahwa metode eja memberikan dampak yang signifikan kepada siswa dalam membaca permulaan. Kata Kunci : Metode Eja, Membaca Permulaan ABSTRACT Tamu, Windia, 2018. Implementation of Spelling Method in Preliminary Reading Activity in Second Grade Students of Elementary School SDN 02 Paguyaman, Boalemo Regency. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dra. Evi Hasim, M.Pd. Co-supervisor: Dra. Dajani Suleman, M.Hum. This research aims to investigate the implementation of spelling method in preliminary reading activity in second grade students of Elementary School SDN 02 Paguyaman, Boalemo Regency. It is formulated based on the research question. Moreover, the study employed descriptive qualitative method. The result shows that the spelling method is maximally implemented in preliminary reading activity at the research site. As observed from the implementation phases of spelling method, students' activity during learning process, and students' learning outcome, 88% of the class or 25 students perform well in preliminary reading activity, while the rest 12% (3 students) perform poorly. Therefore, the study concludes that spelling method contributes significantly to students' skills in preliminary reading activity. Keywords: Spelling method, Preliminary reading
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011