ESSAY

Writer / NIM
DELLA RAHMADANI HUSAIN / 151414008
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstract
ABSTRAK Della Rahmadani Husain, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Terhadap Kemampuan Menentukan Besar Sudut Dengan Satuan Derajat pada Siswa Kelas IV SDN 2 Telaga Biru. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Dra. Martianty Nalole, M.Pd Rumusan masalah penelitian ini adalah "Apakah Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Terhadap Kemampuan Menentukan Besar Sudut Dengan Satuan Derajat pada Siswa Kelas IV SDN 2 Telaga Biru. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Terhadap Kemampuan Menentukan Besar Sudut Dengan Satuan Derajat pada Siswa Kelas IV SDN 2 Telaga Biru. Desain penelitian yang digunakan adalahPre-Eksperimental One Group Pretest -Postest. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik sampling jenuh. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa. Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menujukkan nilai rata-rata sebelum menggunakan model pembelajaran langsung adalah 60,54 dan setelah menggunakan model pembelajaran langsung adalah 78,70. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh thitung = 10,88 dan ttabel = 2,06 pada taraf signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan (df) = 24. Dengan demikian thitung > ttabel berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Terhadap Kemampuan Menentukan Besar Sudut Dengan Satuan Derajat pada Siswa Kelas IV SDN 2 Telaga Biru. Kata Kunci : Pembelajaran Langsung, Kemampuan, Besar Sudut, Satuan Derajat
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011