ESSAY

Writer / NIM
DESSY KURNIA PUTRI DAMOPOLII / 151414010
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Advisor 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstract
ABSTRAK Damopolii, Dessy Kurnia Putri. 2018. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas V Di SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah terdapat pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas V di SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo?". Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas V di SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Design dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu metode bermain peran dan variabel terikat pada penelitian yaitu kemampuan berbicara. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 20 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Uji validitas menggunakan Construct Validity. Uji normalitas menggunakan uji Liliefors. Uji Hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran berpengaruh terhadap kemampuan berbicara siswa yang dilihat dari pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 11,07 > 2,09 dengan derajat kebebasan (df) = 19 dan taraf signifikasi 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas V Di SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Bermain Peran, Berbicara ABSTRACT Damopolii, Dessy Kurnia Putri. 2018. The Influence of Role Play Method on Students' Speaking Skills at Grade V Elementary School SDN 3 Telaga, Gorontalo Regency. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd.Co-supervisor: Dra. Dajani Suleman, M.Hum. The problem statement in this research is "Is there any influence of role play method on Students' Speaking Skillsat Grade V Elementary School SDN 3 Telaga, Gorontalo Regency?" This study is intended to determine the effect of Role Play method on students' speaking skillsat Grade V Elementary School SDN 3 Telaga, Gorontalo Regency. ThisPre-Experimental Design research with One Group Pretest-Posttest Designinvolved 20 students as samplesby employing saturated sampling. Furthermore, the independent variable of this research is the role-playing method,and the dependent variable is the students speaking skills. Test validity uses Construct Validity; meanwhile, normality test appliesLilliefors test; and Hypothesis test utilizest-test. The resultsreveal that role-playing method influences students' speaking skillsproven from hypothesis testing which istcount>ttableas much as 11,07> 2.09 with degrees of freedom (df) = 19 and the significance level is 0.05. Thus, Hois rejected,and Ha is accepted which means there is an influence of Role Play method on students' speaking skillsat Grade V Elementary School SDN 3 Telaga, Gorontalo Regency. Keywords: Role-Playing, Speaking
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011