ESSAY

Writer / NIM
MUHADJIR TUNA / 151414067
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Advisor 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstract
ABSTRAK Muhadjir Tuna, 2018. Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Dalam Menulis Paragraf Deskripsi di Kelas V SDN 75 Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pendekatan konstruktivisme dalam menulis paragraf deskripsi di kelas V SDN 75 Kota Timur Kota Gorontalo. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan konstruktivisme dalam menulis paragraf deskripsi di kelas V SDN 75 Kota Timur Kota Gorontalo. Metode penelitian Pre-Experimental Design desain One-Group Pretest-Posttest Design. Variabel bebas adalah pendekatan konstruktivisme, variabel terikat adalah menulis paragraf deskripsi. Populasi berjumlah 112 siswa SDN 75 Kota Timur. Sampel seluruh siswa kelas V SDN 75 Kota Timur Kota Gorontalo berjumlah 21 orang dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan statistik uji t dependen/berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh pendekatan konstruktivisme dalam menulis paragraf deskripsi dengan skor rata-rata hasil menulis paragraf deskripsi siswa di kelas V sebelum menggunakan pendekatan yaitu 52,29 dan sesudah menggunakan pendekatan konstruktivisme meningkat menjadi 69,38. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis diperoleh thitung = 17.700 dan ttabel = 2,7961 atau thitung > ttabel, dengan kata lain thitung berada di luar daerah penerimaan hipotesis H0 (H0 ditolak) yang berarti menerima hipotesis alternatif (Ha diterima). Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan dalam menulis paragraf deskripsi siswa setelah menggunakan pendekatan konstruktivisme. Kata Kunci : Konstruktivisme, Paragraf Deskripsi.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011