ESSAY

Writer / NIM
FITRYAH WULANDARI / 151414085
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Advisor 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
ABSTRAK Fitryah Wulandari, 2018. Efektivitas Penggunaan Permainan Interaktif Terhadap Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Cacah Pada Siswa Kelas I SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd, dan Pembimbing II Ismail Pioke ,S.Pd,M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar penjumlahan bilangan cacah sebelum menggunakan permainan interaktif dan sesudah menggunakan permainan interaktif pada siswa kelas I SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas penggunaan permainan interaktif terhadap hasil belajar penjumlahan bilangan cacah pada siswa kelas I SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan design Pre Experimental tipe The One-Group Pretest-Posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SDN 2 Suwawa yang berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar penjumlahan bilangan cacah sebelum menggunakan permainan interaktif yaitu 67,9 dan sesudah menggunakan permainan interaktif yaitu 86,7. Dan dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t dependen diperoleh thitung = 8,785 sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 0,05 pada derajat kebebasan 21= 2,079. Hal ini berarti thitung > ttabel. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar penjumlahan bilangan cacah sebelum menggunakan permainan interaktif dan sesudah menggunakan permainan interaktif pada siswa kelas I SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Kata kunci :Permainan Interaktif, Hasil Belajar, Penjumlahan, Bilangan Cacah ABSTRACT Fitryah Wulandari, 2018. The Effectiveness of The Implementation of Interactive Game on Students' Learning Outcomes in Discussing Count Numbers Adding Topic at Grade I of Elementary School SDN 2 Suwawa, Bone Bolango Regency. Undergraduate Thesis, Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dra.Martianty Nalole, M.Pd. Co-supervisor: Ismail Pioke, S. Pd, M.Pd. The objective of this research is to reveal the difference of students' learning outcomes after and before using interactive game in discussing count numbers adding topic at grade I of Elementary School SDN 2 Suwawa, Bone Bolango Regency. It aims to determine the effectiveness of the use of interactive games to the learning outcomes. This quantitative descriptive research was conducted by employing Pre-Experimental design of The One-Group Pretest-Posttest type; moreover, the samples were collected by using saturated sampling technique consisting of 22 or all of the studentsat the research area. The results show that the average value of the total learning outcomes of count number adding before using interactive game is 67.9 and after using interactive game is 86.7. Further more,from the hypothesis test using dependent t-test, it is obtained count = 8.785 mean while thet table with significant level is 0.05 at degrees of freedom 21 = 2.079. This means tcount > table. Thus, Ho is rejected and Ha is accepted which indicates the differences in students' learning outcomes after and before using interactive game in discussing count numbers adding topic at grade I of Elementary School SDN 2 Suwawa, Bone Bolango Regency. Keywords: Interactive Game, Learning Outcomes, Adding, Count Number
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011