ESSAY

Writer / NIM
YUSRIYANTO A. NGGILU / 151414103
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
ABSTRAK Yusriyanto A. Nggilu. 2018. Pengembangan Media Ular Tangga dalam Pembelajaran Luas Bangun Datar pada Siswa Kelas IV SDN 8 Bongomeme Kabupaten gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimanakah kondisi objektif kualitas media pembelajaran luas bangun datar pada siswa kelas IV SDN 8 Bongomeme, 2) Bagaimanakah media ular tangga dalam pembelajaran luas bangun datar yang akan dikembangkan pada siswa kelas IV SDN 8 Bongomeme. Tujuan Penelitian ini meliputi: 1) Mengetahui kondisi objektif kualitas media pembelajaran luas bangun datar pada siswa kelas IV SDN 8 Bongomeme, 2) Mengembangkan media ular tangga dalam pembelajaran luas bangun datar pada siswa kelas IV SDN 8 Bongomeme. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan menurut Borg and Gall (Sugiyono, 2016) dengan pembatasan sampai pada tahap validasi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 8 Bongomeme dengan jumlah 20 siswa. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengembangan media pembelajaran luas bangun datar terdapat kecenderungan guru menggunakan media konkret dan media gambar. Pada penggunaan media konkret ualr tangga kualitas kondisi objektif pembelajaran menjadi sangat baik. Hal ini sesuai hasil persentase perolehan skor dari validasi ahli yang terdiri dari: Ahli media memberi skor 94, ahli psikologis memberi skor 93, ahli materi memberi skor 93, dan praktisi memberi skor 90. Sehingga persentase skor yang diperoleh dari keempat validator sebesar 92,5 dengan kriteria sangat baik. Disimpulkan bahwa media ular tangga yang dikembangkan memiliki kualitas sangat baik dan dibuatkan buku panduannya, serta dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya. Kata Kunci: Pengembangan, Ular Tangga, Luas Bangun Datar ABSTRACT Nggilu, Yusrianto A. 2018. "Development of Snakes and Ladders Media in Learning Activity of Topic of Area of Two-Dimensional Shape in Grade IV Class Students of Elementary School SDN 8 Bongomeme, Gorontalo Regency. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dra. Samsiar Rivai, S.Pd., M.Pd., Co-supervisor: Ismail Pioke, S.Pd., M.Pd. This study intends to: 1) investigate the objective condition of quality of learning media of area of two-dimensional shape topic in grade IV students of Elementary School SDN 8 Bongomeme, and 2) develop media of snakes and ladders game in learning activity of the topic in grade IV students of Elementary School SDN 8 Bongomeme. It is formulated from the research problem statements. The research employed developmental study by Borg and Gail (Sugiyono, 2016) with limitation at product validation phase. The research subject involved 20 grade IV students of Elementary School SDN 8 Bongomeme. The data were collected by observation, interview, questionnaire, and documentation. Moreover, the data were analyzed descriptively. The result indicates that teachers tend to use concrete and picture media in learning activity of area of two-dimensional shape topic. On top of that, the implementation of snakes and ladders media towards the topic results positively. It is observable from the percentage of scoring from expert validators, i.e. media validator gives 94, psychologist values 93, learning material expert provides score 93, and practitioner values 90; thus the percentage is 92,5, categorized as very good. Consequently, this research concludes that snakes and ladders media contributes positively towards the learning activity, hence, the media guidebook is needed to be formulated and progressed to the next phase. Keywords: Development, Snakes and Ladders, Area of Two-Dimensional Shape
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011