ESSAY

Writer / NIM
ASTUTI S. DALANGO / 151414106
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstract
ABSTRAK Astuti S. Dalango. 2018. Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas III SDN 3 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy Triyanti Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : "Apakah kemampuan menulis karangan narasi menggunakan media gambar seri pada siswa kelas III SDN 3 Suwawa meningkat?" Tujuan penelitian adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas III SDN 3 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah "jika guru menggunakan media gambar seri maka kemampuan siswa menulis karangan narasi di kelas III SDN 3 Suwawa Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat". Hasil penelitian tindakan kelas diperoleh data, dari 20 orang siswa yang dikenai tindakan pada siklus I hanya 4 orang siswa (20%) yang memiliki kemampuan menulis, pada siklus II meningkat menjadi 15 orang (75%) yang sudah memiliki kemampuan menulis. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar seri kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas III SDN 3 Suwawa meningkat. Kata kunci : Karangan Narasi, Gambar Seri ABSTRACK Astuti S. Dalango. 2018. improving students' Ability in Writing A Narrative Essay by Using Series Image at Grade III Elementary School SDN 3 Suwawa, Bone Bolango Regency. Undergraduate Thesis. Departement of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd. Co-Supervisor: Wiwy Triyanti Pulukadang, S.Pd, M.Pd. This research is intended to improve students' ability in writing a narrative essay by using series image at grade III elementary school SDN 3 Suwawa, Bone Bolango Regency: this is formulate based on the problem statement. this class room action research employed qualitative an quantitative data analysis. The hiphotesis was "if the teacher applies series image learning medium, the students' ability in writing a narative essay in the site area will be improved". The result shows that only four students 4 out of 20 students (20%) can wrtite a narrative essay cycle I. However, this trend increases in cycle II by which 15 students (75%) are doing well in constructing such an essay. Therefore, the use of the series image is able to improve grade III students' ability in writing a narrative essay. Keywords: Narrative Esaay, Series Image
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011