ESSAY

Writer / NIM
DEWI LESTARI / 151414111
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstract
ABSTRAK Dewi Lestari. 2018. Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Pemahaman Konsep Pecahan Pada Siswa Kelas III SDN 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ismail Pioke,S.Pd,M.Pd dan Pembimbing II Dra. Martianty Nalole,M.Pd. Masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep pecahan sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas III SDN 1 Limboto, Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas III SDN 1 Limboto, Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain Pre-Experimental yaitu One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman konsep pecahan siswa sebelum menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yaitu 63 dan sesudah menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yaitu 80. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung = 22,693, sedangkan ttabel dengan taraf signifikan = 0,05 adalah 2,045. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep pecahan sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas III SDN 1 Limboto, Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Efektivitas, Realistic Mathematics Education (RME), Pemahaman, Konsep Pecahan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011