ESSAY

Writer / NIM
RINOLDI ISMAIL / 151414124
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Advisor 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstract
ABSTRAK Rinoldi Ismail. 2019. Implementasi Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 di Kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed dan Pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi pendekatan scientific dalam pembelajaran di SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo (2) upaya yang dilakukan guru terhadap hambatan-hambatan selama proses pendekatan scientific di SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif teknik pengumpulan dengan metode wawancara kepada guru dan kepala sekolah sehingga data dalam penelitian merupakan data primer. Analisis data menggunakan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Implementasi pendekatan scientific dalam pembelajaran sudah bisa dilaksanakan dengan baik oleh guru yang dioptimalkan melalui langkah mengamati, menanya dan mengkomunikasikan pelajaran kepada peserta didik. Meskipun terletak pada kriteria yang baik namun masih perlu untuk lebih dimaksimalkan seperti mencoba dan menalar. (2) Upaya yang paling dipertimbangkan untuk menjadi prioritas yakni pelatihan bagi guru serta pendidikan yang nantinya akan menambah kompetensi guru dalam penarapan kurikulum yang lebih baik. Selain itu kendala dalam kurikulum 2013 juga sangat bergantung bagaimana intensitas monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh pengawas sekolah dan kepala sekolah agar guru lebih maksimal lagi dalam menerapkan kurikulum 2013 di Sekolah Dasar (SD) Negeri 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Pendekatan Scientific, Kurikulum 2013
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011