ESSAY

Writer / NIM
DEYS A. NAYO / 151414126
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstract
ABSTRAK Deys A. Nayo, 2018. Efektivitas Penggunaan Media Audio Terhadap Kemampuan Menulis Kembali Cerita Pada Siswa Kelas V SD Negeri 8 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd. M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah terdapat efektivitas penggunaan media audio terhadap kemampuan menulis kembali cerita pada siswa kelas V SD Negeri 8 Bongomeme Kabupaten Gorontalo?". Adapun tujuan Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan media audio terhadap kemampuan menulis kembali cerita pada siswa kelas V SD Negeri 8 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian Pre Eksperimental dengan nama desain "One Group Pretest - Posttest. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan validitas konstruck (contruct validity), uji normalitas menggunakan uji Liliefors, dan pengujian hipotesis menggunakan uji thitung. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat efektivitas penggunaan media audio terhadap kemampuan menulis kembali cerita pada siswa kelas V SD Negeri 8 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Hal ini dilihat pada nilai rata-rata hasil kemampuan siswa menulis kembali cerita di kelas perlakuan sebelum menggunakan media audio yaitu 55,36 dan setelah menggunakan media audio yaitu 73,33. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan bahwa uji t diperoleh harga thitung sebesar 6,78 sedangkan ttabel pada tingkat signifikan 5% diperoleh harga ttabel sebesar 2,085. Ternyata harga thitung lebih besar dari pada harga ttabel (6,78>2,085) maka hasilnya signifikan. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan media audio terhadap kemampuan menulis kembali cerita pada siswa kelas V SD Negeri 8 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Menulis Kembali Cerita, Media Audio ABSTRACT Nayo, Deys A. 2018. The Effectiveness of Using Audio towards Students' Ability in Rewriting a Story at Grade V, Elementary School SD Negeri 8 Bongomeme, Gorontalo Regency. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd. Co-Supervisor: Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. The purpose of this research is to explore the effectiveness of using audio towards students' ability in rewriting a story at Grade V Elementary School SD Negeri 8 Bongomeme, Gorontalo Regency; this is formulated based on this research problem. This quantitative research employed Pre Eksperimental method namely "One Group Pretest - Posttest" design. The data were collected from the test, observation, and documentation, and were further analyzed by using construct validity. The normality testing utilized Liliefors testing, meanwhile, the hypothesis testing employed tcount testing. The result indicates that using audio is effective towards students' ability in rewriting a story in the site area. This is shown by the students' average score of rewriting a story in the experimental class before and after using audio as the learning medium which is 55.36 and 73.33 respectively. The result of data analysis by employing t testing shows that tcount = 6.78, and ttable = 2.085 in the significance level of 5%. Therefore, tcount > ttable (6,78>2,085) and it has a significant result, meaning that H0 is rejected and Ha is accepted. All in all, the use of audio as a learning medium positively contributes to the students' ability in rewriting a story at grade V Elementary School SDN 8 Bongomeme, Gorontalo Regency. Keywords: Rewriting a Story, Audio
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011