ESSAY

Writer / NIM
HENDRAWAN SAMAN / 151414132
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Advisor 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstract
ABSTRAK Saman,Hendrawan. 2018. Pengaruh Media Lingkungan Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusmin Husain, M.Pd. Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh media Lingkungan terhadap kemampuan menulis narasi pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Suwawa Kabupaten Bone Bolango? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media lingkungan terhadap kemampuan menulis narasi pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes (pretest dan posttest) sedangkan observasi dan dokumentasi adalah penunjang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 22 siswa. Hasil perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 66,00 dan nilai rata-rata posttest sebesar 77,64. Hasil penelitian tersebut diperkuat dengan hasil uji t yang menyebutkan bahwa thitung>ttabel yaitu 2,99> 2,07pada taraf 0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh media Lingkungan terhadap kemampuan menulis narasi pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Kata Kunci : Media Lingkungan, Menulis Narasi. ABSTRACT Saman, Hendrawan. 2018. Environmental Media Influence to the Narrative Writing Ability of IV Grade Students in Elementary, SDN 3 Suwawa, Bone Bolango District. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Rusmin Husain M.Pd Co-supervisor: Dra. Dajani Suleman, M.Hum. The problem statement of this research is whether or not there is an influence of environmental media on the ability of writing narration in fourth-grade students SDN 3 Suwawa, Bone Bolango District. The purpose of this study is to determine the influence of environmental media on the ability of writing narration in fourth-grade students in the research area. This quantitative research employed experimental method with one group pretest-posttest design. Data collection techniques used in this research were tests (pretest and posttest); moreover, observation and documentation were applied as the supporting elements. The samples population for this research were the 22 students of class IV. The average result of the pretest is 66.0 while the average result of posttest is 77.64 which is shown on the result of t count > t table that is 2,99 > 2.07 at level 0,05 means Ho is rejected and Ha is accepted. Thus, it concludes that there is an influence of environmental media on the ability writing narration on students of grade IV Elementary school, SDN 3 Suwawa, Bone Bolango District. Keywords: Environmental Media, Narrative Writing
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011