ESSAY

Writer / NIM
IRMA SURYANINGSIH BAKARI / 151414137
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Advisor 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstract
ABSTRAK Irma Suryaningsih Bakari. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Puisi di Kelas IV SDN 63 Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd,dan Pembimbing II Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu "Apakah terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis puisi di kelas IV SDN 63 Kota Timur Kota Gorontalo?" dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis puisi di kelas IV SDN 63 Kota Timur Kota Gorontalo. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Pre Experimental Design dengan tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 63 Kota Timur dengan jumlah 19 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, obseravasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan validitas konstruck (contrukc validity), uji normalitas menggunakan uji liliefors, dan pengujian hipotesis menggunakan uji thitung. Berdasarkan Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa penggunaan media gambar berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitungsebesar 11,01 sedangkan ttabelsebesar 2,102. Hal ini berarti thitunglebih besar dari ttabel. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan rata-rata kemampuan menulis puisi siswa sebelum menggunakan media gambar dan sesudah menggunakan media gambar di kelas IV SDN 63 Kota Timur Kota Gorontalo. Kata kunci :Media Gambar, dan Menulis Puisi ABSTRACT Bakari, Irma Suryaningsih. 2018. The Influence of Using Picture towards Writing Poem Ability at Grade IV Elementary School SDN 63 Kota Timur, Gorontalo City. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd. Co-Supervisor: Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd. This research is intended to find out the influence of using pictures towards students' ability in writing poem at grade IV Elementary School SDN 63 Kota Timur, Gorontalo City; this is formulated based on the problem of this research.This research employed Pre Experimental Design method withOne-Group Pretest-Posttest Design. The subject in this research involved 19 students in grade IV SDN 63 Kota Timur. The datewere collectect from the test, observation, and dokumentation, and were further analyzed by using construct validity. The normality testing utilized liliefors testing meanwhile, the hypoyhesis testing employed tcoun testing The result shows that the use of pictures as the learning medium does influence the students' ability in writing poem. The hypothesis testing obtains tcount = 11.01 and ttable = 2.102, meaning that tcount > ttable. Therefore, Ho is rejected and Ha is accepted, implying that there is an average difference of students' ability in writing poem before and after utilizing pictures as the learning medium in the site area. Keywords: Pictures, and Writing Poem
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011