ESSAY

Writer / NIM
YULIA FEBRILIANA / 151414192
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
ABSTRAK Febriliana, Yulia. 2018. Pengaruh Metode Karya Wisata Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Karangan Narasi di Kelas V SDN NO.83 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah terdapat pengaruh metode karya wisata terhadap kemampuan siswa menulis karangan narasi di kelas V SDN No.83 Kota Tengah Kota Gorontalo?". Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode karya wisata terhadap kemampuan siswa menulis karangan narasi di kelas V SDN No.83 Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Pre Eksperimental design dengan nama desain "One Group Pretest -Posttest design. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu metode karya wisata dan variabel terikat pada penelitian ini yaitu kemampuan menulis karangan narasi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 29 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan uji validitas Construct Validity, uji normalitas menggunakan uji Liliefors, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan uji t diperoleh harga thitung sebesar 10,77 sedangkan ttabel pada tingkat signifikan 0,05 diperoleh harga ttabel sebesar 2,048. Ternyata harga thitung lebih besar dari pada harga ttabel 10,77 > 2,048 maka hasilnya signifikan. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode karya wisata terhadap kemampuan siswa menulis karangan narasi di kelas V SDN No.83 Kota Tengah Kota Gorontalo. Kata Kunci : Karangan Narasi, Karya Wisata ABSTRACT Febriliana, Yulia. 2018. The Influence of Educational Tours on Students' Abilities in Narrative Writing at Grade V Elementary School SDN NO.83 Kota Tengah, Gorontalo. Undergraduate Thesis, Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dra. Dajani Suleman, M. Hum. Co-supervisor: Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd. The problem statement of this research is "Is there any influence of educational tours on students' abilities in narrative writing at grade V Elementary School SDN NO.83 Kota Tengah, Gorontalo?" This study aims to determine the effect of tours on students' abilities in narrative writing at grade V Elementary School SDN NO.83 Kota Tengah, Gorontalo. This quantitative research was conducted by using Pre Research Experimental design before One Group Pretest-Posttest Design. The independent variable is educational tours method, and the dependent variable is students' abilities in narrative writing. Moreover, this research involved 29 students as samples by employing saturated sampling. The data were collected by observing, testing, and documenting. They were further analyzed by applying validity test of Construct Validity, normality test of Lilliefors test, and hypothesis test of the t-test. The results show that t-test is obtained tcount value of 10,77 meanwhile ttable at significance level 0,05 obtained ttable value equal to 2,048. It turns out that tcount value is greater than ttable value 10,77 > 2,048 hence the result is significant. Therefore, H0 is rejected, and Ha is accepted. It concludes that there is an influence of educational tours on students' abilities in narrative writing at grade V Elementary School SDN NO.83 Kota Tengah, Gorontalo. Keywords: Narrative Writing, Educational Tours
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011